Tentang Kerendahan Hati

Esther Kim adalah seorang atlit taekwondo. Selama tiga belas tahun ia punya mimpi. Olimpiade musim panas. Ia ingin mewakili Amerika Serikat dalam cabang regu Olimpiade cabang Taekwondo.

Semenjak usia delapan tahun, ia menghabiskan setiap jam yang ada dalam pelatihan. Dalam pelatihan itu ia berjumpa dengan Kay Po dan menjadi kawan baiknya. Keduanya bekerja begitu keras selama begitu lama sehingga tidak heran jika keduanya memenuhi syarat dan  terpilih untuk percobaan Olimpiade 2000 di Colorado Springs.

Tetapi setiap orang terheran-heran bahwa keduanya ditempatkan di dalam divisi yang sama. Mereka belum pernah bertanding satu sama lain, tetapi waktu jumlah divisi dikurangi, mereka menemukan nama mereka dalam jajaran yang sama. Hanya diperlukan beberapa pertandingan saja sebelum mereka menghadapi satu sama lain di pertandingan yang sama. Seorang akan menang dan yang lain akan kalah. Hanya seorang yang bisa pergi ke Australia.

Seakan momen itu membutuhkan drama yang lebih menegangkan, dua keadaan menempatkan Esther Kim di keadaan yang meremukkan hatinya. Pertama-tama temannya Kay mengalami cedera kaki dalam pertandingan sebelum pertandingan mereka. Kay nyaris tidak bisa berjalan, apalagi bertanding. Karena cedera itu Esther bisa mengalahkan temannya nyaris tanpa upaya apa-apa.

Tetapi kemudian ada kebenaran yang kedua. Esther tahu bahwa Kay adalah taekwondowin yang lebih baik. Jika ia mengambil keuntungan dari temannya yang cedera itu, maka atlit yang lebih baik tidak bakal dikirim ke olimpiade.

Jadi apa yang ia lakukan? Esther melangkah ke lantai pertandingan dan membungkuk kepada teman dan lawannya. Keduanya tahu arti dari bungkukan itu. Esther menyerahkan tempatnya. Iya menganggap bahwa upaya jauh lebih baik dari pada pujian.

Dan McCarney, “Courage to Quit” San Antonio Express News, 13 Juli 2000, seksi 4C

Categories: renungan | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: