Nyalakan terangmu

Jika kita katakan bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran

I Yohanes 1:6

Di sebuah pegunungan, tinggallah seorang ibu di sebuah rumah yang besar. Bertahun-tahun dia tinggal tanpa bantuan listrik. Jadi, menjelang sore hari, dia akan menyalakan lilin dan lampu minyak untuk penerangan rumahnya.

Suatu hari pemerintah merasa kasihan padanya sehingga membantu pengadaan listrik bagi ibu ini.

Listrik dipasang, dan kini, jika ibu ingin mendapatkan penerangan, ia hanya tinggal menekan tombol lampu saja.

Sebulan berlalu dan ketika petugas listrik datang ke rumahnya untuk memeriksa, ia heran karena penggunaan listrik itu rendah sekali, bahkan hampir tidak pernah ada penggunaan listrik.

Ketika ditanya apa penyebabnya si ibu itu menjawab, “Ya, saya memang hampir tidak pernah menggunakan listrik itu. Setiap hari saya menyalakan lampu untuk membantu saya melihat saat saya menyalakan lilin dan lampu minyak saya. Setelah itu saya matikan listrik itu.”

Kita tentu merasa bahwa apa yang dilakukan ibu itu konyol? Tapi seringkali kita melakukan apa yang dilakukan ibu itu. Kita mengatakan kalau kita adalah orang Kristen, kita percaya pada Tuhan Yesus. Tapi seringkali kita tetap hidup dalam kebiasaan lama kita.

Alkitab berkata: jika kita mengatakan bahwa kita memperoleh persekutuan dengan Tuhan (artinya kita menyebut diri orang Kristen, sering ke gereja, bahkan mungkin mengambil bagian dalam pelayanan) namun kita tidak mencerminkan bahwa kita adalah anak Tuhan, kita tetap dengan kebiasaan lama, kita tetap menyontek, berbohong, bersikap kurangajar, tidak taat peraturan, dll maka kita berdusta.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah hidup dalam terang, atau seperti ibu tadi, kalian tetap hidup dalam kebiasaan yang lama? Ambil keputusan hari ini! Kita tidak mau dikatakan pendusta bukan?

Categories: renungan | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: