Beaver..Go Beaver

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi

Matius 5:14

Pernah lihat berang-berang? Berang-berang membuat rumahnya di air. Mereka mengumpulkan ranting-ranting kayu pada malam hari dan menyusun ranting-ranting itu di air untuk membuat bendungan. Mereka bekerja berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk membuat bendungan itu.

Bendungan itu kemudian menjadi seperti saringan air yang menyaring jalannya air. Permukaan air sungai sebelum bendungan lebih tinggi dari permukaan sungai setelah bendungan. Akibatnya, bagian sungai di sebelum bendungan menjadi kaya akan mineral dan sedimen. Sejak itu, bagian sungai tersebut menjadi tempat hidup yang jauh lebih baik bagi spesies lain.

Pada saat-saat tertentu, ketika permukaan air naik, bagian sebelum bendungan akan luber ke luar, mengairi tanah di sekeliling sungai. Hal ini mengakibatkan tanah sekelilingnya menjadi sangat subur karena mineral dan sedimen yang terkandung dalam air itu.

Ketika berang-berang memiliki anak, dia akan menyuruh anaknya pergi ke bagian sungai yang lain untuk kembali mendirikan bendungan yang akan menjadi tempat tinggalnya. Tidak heran, daerah di sepanjang sungai dimana berang-berang hidup akan menjadi sangat subur.

Berang-berang hidup sekitar 20 tahun saja. Tapi kehadirannya benar-benar memberikan dampak pada sekitarnya. Lewat kerja keras dan keuletannya, dia telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi lingkungannya.

Bagaimana dengan kita? Dampak apa yang sudah kita berikan bagi orang lain?  dampak yang baik, atau buruk?

Tuhan memerintahkan kita untuk menjadi terang. Terang sekecil apapun akan mengalahkan kegelapan dan bukan sebaliknya. Gelap berarti tidak adanya terang, dan bukan: terang berarti tidak adanya gelap. Terang yang memberi dampak pada kegelapan.

Ketika Tuhan memerintahkan kita untuk menjadi terang, Tuhan memerintahkan kita untuk memberi dampak yang positif bagi sekeliling kita.

Categories: renungan | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: