Tips untuk mengajar di hari pertama

Warrior,

Ini adalah artikel pertama dari Menara Ministries untuk Anda. Sebuah tips untuk Anda yang baru pertama kali mengajar Sekolah Minggu. Tips ini juga mungkin dapat berguna jika Anda adalah seorang guru di sekolah.

Luangkan waktu untuk merencanakan dengan hati-hati apa yang akan Anda lakukan pada hari pertama untuk memastikan bahwa siswa mengerti apa yang Anda sampaikan sesuai harapan Anda. Jika Anda ingin berhasil menjadi seorang Guru Sekolah Minggu, mulailah dengan keberhasilan di hari pertama. Jika Anda ingin disukai oleh siswa Anda, berusahalah sejak pertemuan pertama. Jika Anda ingin efektif mengajar anak, berusahalah sejak pertemuan pertama. Tidak ada alasan, “tidak apalah, ini kan baru pertama kalinya”

Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang akan mengajar di hari pertama:

Tiba lebih awal .

Mengobrollah dengan siswa yang sudah hadir sebelum kelas dimulai . Hal ini akan membuat siswa merasa dekat dengan Anda dan akan membuat mereka lebih mungkin untuk berpartisipasi dalam kelas Anda. Tiba lebih awal juga memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa ruangan dan seluruh peralatan yang Anda butuhkan siap. Penting juga bagi Anda untuk mengadakan survey satu minggu sebelum Anda mengajar untuk memeriksa pengaturan tempat duduk, melihat bagaimana peralatan bekerja, dan tidak kalah pentingnya, untuk memastikan Anda tahu di mana kelas Anda.

Perkenalkan diri Anda

Awali kelas dengan memperkenalkan nama dan siapa Anda. Kenalkan dengan jelas dan seperlunya saja. Sebutkan bagaimana Anda ingin dipanggil (dengan sebutan tante, kakak, dll). Berusahalah juga untuk mengenal anak-anak yang Anda akan ajar. Berusahalah untuk secepat mungkin menghafal nama mereka dan sebutkan nama mereka ketika Anda bertanya atau meminta respon.

Tunjukkan otoritas dan tetapkan aturan yang jelas

Rasa putus asa guru di hari pertama biasanya disebabkan karena anak-anak tidak menghargainya, menjawab sembarangan terhadap pertanyaannya dan menunjukkan tatapan tidak tertarik. Penting sekali bagi Anda untuk menunjukkan bahwa Anda guru yang bisa diandalkan. Mulailah dengan memberitahu mereka harapan Anda dan aturan yang Anda miliki, misalkan: anak harus mengangkat tangan ketika akan bertanya atau menjawab, anak harus duduk tegak, cara duduk anak, dll.

Ketika Anda ingin bercanda, pastikan candaan tersebut berhubungan dengan materi Anda dan pastikan Anda tahu kapan menghentikan anak tertawa dengan cara yang tepat.

Timbulkan minat anak

Hari pertama yang sukses akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Anda sebagai guru atau guru sekolah minggu. Mulailah dengan sebuah aktivitas yang menarik minat anak. Anda bisa memulainya dengan ice breaker singkat yang menyenangkan, atau pertanyaan yang memancing perhatian, atau kegiatan yang membangkitkan penasaran anak. Kaitkan materi ajar Anda dengan hal-hal praktis dalam keseharian anak atau masalah yang biasa mereka hadapi. Jangan menggunakan kalimat negatif seperti “kok lemes banget sih” atau “kalian gak bisa ya?”, tapi gunakan penguatan positif seperti “kalian pasti bisa lebih semangat dari ini”.

Gunakan gaya mengajar yang berbeda sekaligus.

Setiap orang memiliki cara berbeda dalam menangkap dan menyampaikan informasi. Anak-anak memiliki gaya berbeda dalam menangkap informasi, dan Anda sebagai guru memiliki gaya berbeda dalam menyampaikan informasi. Guru yang baik adalah mereka yang dapat menyesuaikan gaya mengajarnya dengan gaya belajar anak-anak yang ada di kelasnya. Ingat, tujuan utama yang harus dicapai adalah anak mengerti apa yang Anda ajarkan. Agar mereka mengerti, Anda harus memahami bagaimana mereka belajar dan memfasilitasinya dengan gaya mengajar yang tepat.

Beri kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi 

Kelas yang menarik bagi seorang siswa adalah kelas yang interaktif. Libatkan siswa dengan memberinya pertanyaan atau meminta mereka bertanya, atau Anda dapat meminta mereka bersama-sama melakukan sesuatu atau mengulangi sebuah kalimat yang Anda ucapkan.

 

Nah, apakah Anda siap dengan kelas pertama Anda? Selamat mengajar, ya pahlawan yang gagah berani…. GOD bless you!!

Categories: Untuk Guru Sekolah Minggu | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: