Tips: Menolong anak yang suka berbohong

Berbohong adalah keahlian hampir semua orang. Bahkan anak kecil pun dapat berbohong, sebagian mengelak dari kesalahannya, sebagian membuat cerita versinya sendiri yang sebenarnya tidak terjadi. Seorang anak memiliki daya imajinasi, mereka yang kreatif memiliki daya imajinasi lebih tinggi.

Sebelum kita melompat ke bagaimana menolong anak yang suka berbohong, mari kita lihat dahulu, mengapa anak-anak biasanya berbohong. Dengan memahami hal ini, Saudara akan tertolong untuk melayani masalah yang sering kita temui ini.

Kenapa anak-anak berbohong?

  1. Mereka merasa tidak disukai, atau tidak dicintai. Berbohong mengenai prestasi atau apa yang mereka miliki membuat mereka sesaat merasa lebih baik. Hal yang perlu Anda ingat adalah,biasanya kebohongan jenis ini akan diulang-ulang. Hal ini bisa menimbulkan depresi pada anak ketika suatu saat mereka menyadari bahwa mereka tidak memiliki atau tidak mencapai apa yang mereka ceritakan atau katakan.
  2. Mereka berbohong untuk mendapatkan perhatian. Pernah suatu kali seorang anak berkata pada Guru Sekolah Minggunya “Mama saya terkena kanker” ketika ditanyai kenapa orangtuanya jarang datang ke Gereja. Setelah berdoa berminggu-minggu akhirnya Guru Sekolah Minggu tersebut memutuskan untuk menengok Ibu dari anak ini dan mendapati bahwa Si Ibu segar bugar dan sama sekali tidak sakit.
  3. Mereka berbohong untuk menghindari hukuman. Perilaku ini mungkin telah dilakukan oleh anak-anak dari sepanjang jaman (bahkan mungkin tidak hanya anak-anak). Tak seorang pun ingin membawa pulang rapor yang buruk atau memberitahu orang tua mereka bahwa mereka telah dihukum di sekolah.
  4. Anak-anak berbohong untuk menghindari tugas-tugas atau pekerjaan rumah.
  5. Bohong juga bisa dilakukan karena permasalahan yang lebih besar (contohnya anak-anak yang diperlakukan kasar di rumah).
  6. Anak-anak berbohong karena meniru orang dewasa, khususnya orang dewasa yang mereka hormati.

Jadi bagaimana kita dapat membantu mereka? Mencoba memberi label “kebohongan putih” atau “imajinasi anak” atau “storytelling” sama sekali tidak akan membantu. Kita harus dengan tegas mengatakan bahwa kebohongan adalah sesuatu yang salah.

Tips untuk membantu si pembohong kecil.

  1. Jadilah contoh yang baik. Selalu katakan apa yang benar walau menyakitkan. Ingat! Anak-anak selalu memperhatikan kita.
  2. Katakan dengan teratur pada mereka tentang “mengatakan yang sebenarnya”. Beri mereka contoh-contoh peristiwa dan minta mereka mengatakan apa yang akan mereka lakukan saat itu. Contoh, “apa yang akan kamu lakukan saat kamu dihukum di sekolah?” dst
  3. Ceritakan tentang evolusi kebohongan, bagaimana satu kebohongan bisa menimbulkan kebohongan lainnya, dan dampaknya pada orang lain dan diri mereka sendiri.
  4. Jangan terima alasan apapun tentang kebohongan. Cintai anak Anda tapi jika mereka berbohong mereka harus menanggung konsekuensinya.
  5. Anak-anak berbohong supaya Anda tetap menyayangi mereka. Katakan pada mereka bahwa Anda mengasihinya apa adanya tanpa mereka harus berbohong. Buat aturan bersama dengan mereka mengenai “apa yang akan mereka dapatkan jika mereka berbohong”
  6. Jangan buru-buru menghukum ketika mendapati mereka berbohong. Tanyakan pada mereka, mengapa mereka berbohong dan katakan bahwa Anda mengasihinya tanpa mereka perlu berbohong.
  7. Puji ketika mereka mengatakan kebenaran, khususnya yang menyakitkan seperti nilai yang buruk atau ketika mereka mengaku telah merusakkan sesuatu.

Anak-anak atau siswa/i Anda ada yang suka berbohong? Pastikan mereka mengetahui bahwa Anda mengasihi mereka hingga ketika Anda terpaksa menghukum mereka itu karena Anda ingin mereka menjadi lebih baik.

Categories: Article, tips guru sekolah minggu | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: